Monday, March 31, 2014

Mengenal batre Li-ion

Pasti sudah pada tau kan batre Li-ion ???
yups batre tersebut banyak di gunakan handphone canggih saat ini. Tapi apa kalian tau bagai mana cara kerja batre tersebut, kali ini saya akan mengulas tentang batre Li-Ion.

1. Saat pemakaian pertama
Saat baru membeli ponsel atau gadget, banyak yang mengira bahwa baterai di gadget tersebut haruslah di charge selama 6 - 8 jam. Tapi menurut saya, hal itu gak perlu dilakukan. Itu hanya berlaku pada baterai berjenis NiCad / NiMH yang biasa digunakan pada ponsel jaman dulu. Ponsel dan gadget jaman sekarang ini hampir dipastikan sudah tidak ada lagi yang menggunakan baterai tersebut. Dan dari pengalaman saya pun, tidaklah penting untuk mengecas baterai terlalu lama saat penggunaan pertama baterai berjenis Li-Ion, bahkan justru saya sarankan untuk menghindarinya. Mengapa? Karena itu akan menyebabkan overcharging yang justru akan memperpendek umur baterai. Jadi untuk pemakaian pertama cukup isi baterai hingga indikator menunjukkan baterai telah penuh 100% lalu lepas charge.
2. Perawatan selanjutnya
Yang paling utama dari baterai jenis ini (dan jenis lain) adalah cara / kebiasaan dari pemakaian dalam jangka panjangnya. Perlu diketahui bahwa baterai Li-Ion memiliki umur atau masa pakai berdasarkan seberapa sering ia di isi ulang / di cas (biasanya 1000x) jadi saran saya adalah jangan terlalu sering mengisi ulang baterai jenis ini! Anda harus pandai - pandai untuk menghemat baterai agar anda dapat menjadwal kapan seharusnya baterai di isi ulang. Sekali anda mencharge atau mengisi ulangnya, jangan sekalipun anda mencabut / dischage baterai ini sebelum penuh. Karena meskipun anda sudah mencharge hingga setengah penuh, lalu anda cabut dan mencharge nya lagi hingga penuh, itu akan dihitung 2x charging, sehingga akan memperpendek umurnya.
Isilah baterai saat benar - benar low baterry perkiraan 15%, tapi bukan berarti membiarkannya hingga mati, dan discharge (lepas konektor charger) saat baterai sudah benar - benar penuh. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaannya, karena jika anda mencharge baterai ini dimana baterai ini masih memiliki daya yang cukup untuk "menghidupkan" gadget, itu sama artinya anda membuang "umur" dari baterai ini.
Jangan membiarkannya di isi ulang semalaman. Mengisinya selama berlebihan tidak akan menambah waktu stand by dari baterai ini, bahkan ini dapat menyebabkan baterai overcharging yang akan memperpendek umur pemakaiannya.
Dan terakhir yang tidak kalah penting, sebaiknya matikan gadget saat mengisi ulang, atau setidaknya hindari untuk menggunakannya saat isi ulang. Ini untuk menjaga suhu baterai agar tidak terlalu panas. Jagalah agar suhu baterai tidak terlalu tinggi, karena menurut saia ini juga akan berpengaruh pada umur dan kinerja baterai dan menyebabkan baterai cepat kembung.
3. menggunakan charger yang sesuai
yang satu ini juga perlu untuk di pahami apabila charge yang di gunakan untuk mencharge ampere ( A ) nya lebih besar dari charge bawaan handphone. Akibat nya kerja batre 2x lebih besar.
misal kan kapasitas batre 1500 mAH ampere charge 0,7 A apabila charge kita ganti dengan ampere yang lebih besar semisal 1,3 A atau lebih besar lagi 1,5 A maka : 
catatan # 1 ampere (A) sama dengan 1000 mili ampere (mA)
  • batre akan cepat penuh namun umur batre tidak akan lama/awet.
  • batre akan mengalamin pengembungan atau bahasa anak gaul batrenya hamil.
  • akan berdampat buruk ke handphone dan akan merusak bla..bla..bla.. handphone.


    4. Penggunaan powerbank
    perlu di ketahui penggunaan powerbank secara terus menerus akan berdampak buruk pada batre apabila terus menggunakan powerbank secara terus menerus maka kinerja batre akan di forsir terus menerus tanpa henti dan akan berdampak 
    1. batre cepat hamil
    2. smartphone jadi cepat panas
    3. daya pada batre berkurang
    catatan # penggunaan powerbank itu sebenarnya untuk keadaan darurat, bukan untuk di gunakan setiap saat.
mulai sekarang peduli pada batre anda, bukan masalah uang untuk beli batre baru melainkan kita hitung-hitung  membantu menghemat energi sekian dulu pembahasan DUNIA INGIN TAU tunggu artikel lain nya di blog ini.

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About